Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Ikan Guppy?

Apa itu Guppy? Apakah sejenis permen jelly kenyal yang disukai anak-anak? Oh, ternyata bukan, kan tau dari judulnya ya kan ya? Jadi Guppy itu nama dari jenis ikan, yang mungkin ada penyebutan lain di setiap daerah, seperti; Gupi, ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar, yang mereka itu adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia.

Nama ilmiah: Poecilia reticulata
Klasifikasi lebih tinggi: Poecilia
Ordo: Cyprinodontiformes
Tingkatan takson: Spesies
Ditemukan di: Danau Naivasha, Pandan Reservoir

Periode Kehamilan Guppy
Masa kehamilan guppy betina biasanya kurang dari satu bulan, tetapi dapat berkisar antara 21 hingga 31 hari. Setelah Anda mengetahui bahwa guppy betina Anda hamil, pindahkan dia dari tangki komunitas ke tangki pembiakan terpisah.

Ukuran ikan guppy
Ukuran ikan guppy bervariasi, tetapi jantan biasanya memiliki panjang 1,5–3,5 cm (0,6–1,4 in), sedangkan betina memiliki panjang 3–6 cm (1,2–2,4 in). Jadi ukuran ikan guppy betina lebih besar bila dibandingkan dengan ukuran ikan guppy jantan. Berbagai strain guppy diproduksi oleh peternak melalui pembiakan selektif, dengan ciri warna, pola, bentuk, dan ukuran sirip yang berbeda, seperti varietas snakeskin dan grass, serta masih banyak varietas lainnya.

Habitat Alami
Di alam liar, ikan guppy Anda biasanya ditemukan di perairan tropis yang jernih di kepulauan Karibia Trinidad dan Tobago, dan di benua Amerika Selatan di Venezuela, Guyana, dan Brasil. Ia juga menyukai air payau yang lebih asin atau asin dari air tawar, tapi tidak asin seperti air laut.

Perilaku ikan guppy
Pada dasarnya gupi tergolong spesies yang cinta damai dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Walau pergerakannya terbilang sangat aktif, gupi memiliki perilaku yang tenang dan suka hidup secara berkelompok. Sifat inilah yang membuat jenis ikan hias aquascape ini paling mudah dipelihara dan cocok untuk para pemula yang tertarik untuk sekadar jadi hobi atau hiasan di rumah. Jika ikan peliharaanmu tiba-tiba jadi lebih pendiam dan kurang aktif berenang, maka ada kemungkinan kondisinya sedang stres atau sakit. Langsung cek keadaan tangki dan air agar terbebas dari kotoran yang bisa menjadi bibit penyakit.

Tempat hidup ideal untuk ikan guppy
Pada habitat alaminya di wilayah air tawar Amerika Selatan, suhu tempat hidup guppy relatif hangat di kisaran 23-27 derajat celcius sehingga ada baiknya untuk menyesuaikan akuarium dengan ekosistem aslinya tersebut. Kalau memungkinkan, gunakanlah alat water heater khusus supaya suhu di akuarium selalu stabil. Sirkulasi udara juga harus terjaga dengan baik menggunakan aerator dan tak ketinggalan penggunaan filter aquarium supaya kualitas air senantiasa terjaga dengan baik.

Akuarium yang digunakan sebagai media hidup untuk menampung 20-30 ekor ikan hias gupi biasanya membutuhkan hingga 10 galon atau sekitar 37 liter air. Tapi jangan khawatir, kamu masih tetap bisa memeliharanya di wadah akuarium yang lebih kecil kalau jumlah ikan peliharaannya sedikit. Sementara untuk tingkat asam basa atau pH air berkisar di skala normal antara 7-7,2.

Bolehkah menggabungkan ikan guppy dengan ikan hias lain?
Jawabannya kembali lagi dari jenis ikan hias yang akan kamu tempatkan bersama tersebut. Dari sisi guppy sendiri yang memiliki perilaku tenang dan cenderung mudah beradaptasi, pada dasarnya bisa hidup dengan damai bersama spesies apapun. Dengan catatan, tentu saja jenis yang akan dicampurkan ke dalam akuarium nanti tidak agresif atau jenis predator yang justru bisa membahayakan koleksi guppy kamu.

Contoh yang paling sering terjadi adalah penempatan ikan cupang bersama dengan guppy dalam satu tangki. Kalau yang kamu campurkan adalah ikan betina dari kedua spesies maka jawabannya boleh karena cupang betina lebih kalem dibanding sang jantan. Beda cerita kalau yang ditempatkan adalah ikan cupang jantan yang merupakan varian petarung, disarankan tidak digabung bersama supaya menghindari kemungkinan ikan guppy diserang.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Ikan Guppy?"